PENGARUH DISIPLIN ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS V DI KASIH ANUGERAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

ANDRI BUDIMAN

Abstrak

Abstrak


                Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan sampel berjumlah yang diambil seluruh populasi siswa kelas V SD Kasih Anugerah Jakarta Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik korelasional, dengan alat pengumpulan data yaitu angket/kuesioner yang berisi 10 butir pernyataan-pernyataan untuk variabel X dan data nilai hasil pelajaran agama Kristen sebagai hasil belajar PAK untuk variabel Y-nya.  Tehnik analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi melalui alat bantu program computer Statistical Produkct Service Solution SPSS) 20 for Windows. Dari seluruh hasil perhitungan yang ada dapat disimpulkan bahwa besar hubungan antara variabel disiplin anak dengan hasil belajar PAK yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,978.  Hal ini menunjukkan hubungan yang erat antara disiplin anak dengan hasil belajar PAK.  Arah hubungan yang positif (tidak ada tanda negatif pada angka 0,978) hal ini menunjukkan semakin tinggi disiplin anak akan membuat hasil belajar PAK semakin


Hasil perhitungan dengan membandingkan statistic t hitung dengan statistik t table: t hitung= 8,767 t table (0,05; 66) 1,997.  Jadi, t hitung > t tabel.  Karena statistik t hitung lebih besar dari statistik t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Artinya, ada pengaruh tinggi rendahnya tingkat disiplin anak terhadap tinggi rendahnya tingkat hasil belajar PAK anak.


 


Kata kunci: Disiplin, Belajar, Anak

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
BUDIMAN, A. (2021). PENGARUH DISIPLIN ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS V DI KASIH ANUGERAH. Voices Of Philadelphia Tangerang, 1(001). Diambil dari https://jurnal.sttiphiladelphia.ac.id/index.php/vopta/article/view/7